Sabtu, 14 September 2013

pesawat kecil vs pesawat besar. yang mana yang aman?


prologue
;readerss, pernah dengar orang bilang "lho aku naik garuda mahal2 tapi pesawat kecil " pesawat kecil itu memang kelihatanya nggak aman tapi belum tentu pesawat besar yang aman karena jika di lihat pesawat  besar sekelas 737 lebih sering mengalami kecelakaan coba kita bandingkan kecelakaan bombardier crj 1000 dan b737          



crj-1000=
Pada 25 September 2010, Delta Connection Flight 4951, sebuah CRJ900 dioperasikan oleh Atlantic Southeast Airlines, dalam penerbangan penumpang dari Atlanta, Georgia ke White Plains, New York melakukan pendaratan darurat di F. Kennedy International Airport John di New York City.  landing gear sebelah kanan belakang pesawat itu tidak akan menyebarkan dan sayap kanan diseret sepanjang landasan pacu selama pendaratan. Tidak ada luka. 

boeing 737;
8 Desember 1972 , United Airlines Penerbangan 553 , sebuah 737-200 , jatuh saat mencoba mendarat di Bandara Internasional Chicago Midway . Empat puluh tiga dari 61 penumpang dan awak kapal ditambah dua orang di darat tewas . Ini adalah pertama insiden yang pernah fatal yang melibatkan 737 . [ 135 ]
31 Mei 1973 , Indian Airlines Penerbangan 440 , sebuah 737-200 , jatuh saat pendekatan ke Bandara Internasional Palam di New Delhi , India . 48 dari 65 penumpang dan awak kapal tewas . [ 136 ]
4 Desember 1977 , Malaysia Airlines Penerbangan 653 , sebuah 737-200 , jatuh menyusul osilasi phugoid yang melihat pesawat menyelam ke dalam rawa setelah kedua pilot yang ditembak setelah membajak . Kecelakaan itu terjadi di negara Malaysia selatan Johor . 93 penumpang dan tujuh awak tewas , di antaranya Menteri Pertanian Malaysia dan Duta Besar Kuba ke Jepang .
11 Februari 1978 , Pasifik Barat Airlines Penerbangan 314 , sebuah 737-200 , jatuh saat mencoba mendarat di Bandara Cranbrook , British Columbia , Kanada . Pesawat itu jatuh setelah reversers dorong tidak sepenuhnya menyelundup mengikuti arahan ditolak yang dieksekusi untuk menghindari bajak salju . Kecelakaan itu menewaskan empat anggota awak dan 38 dari 44 penumpang . [ 137 ]
13 Januari 1982 : Air Florida Flight 90 , sebuah 737-200 jatuh di badai salju parah , segera setelah lepas landas dari Washington National Airport , memukul Street Bridge 14 dan jatuh ke Sungai Potomac tertutup es di Washington , DC . Semua kecuali lima dari 74 penumpang dan lima awak pesawat tewas , empat pengendara di jembatan juga tewas [ 138 ] .
25 Mei 1982 : a VASP Boeing 737 - 2A1 pendaftaran PP - SMY pada prosedur mendarat di Brasilia selama hujan , melakukan pendaratan keras dengan gigi hidung pertama. Gigi runtuh dan pesawat tergelincir dari landasan pacu melanggar dua. Dua penumpang dari 118 penghuni meninggal . [ 139 ]
11 Juli 1983 : a TAME Boeing 737 - 2V2 Lanjutan , pendaftaran HC - BIG , jatuh saat mencoba mendarat di Mariscal Lamar Airport , menewaskan semua 111 penumpang dan 8 awak . Penyebab kecelakaan itu merupakan CFIT ( Flight Controlled Ke Medan ) sebagai penyebab kurangnya pengalaman pilot dengan pesawat . Masih kecelakaan penerbangan paling mematikan dalam sejarah Ekuador . [ Rujukan? ]
22 Agustus 1985 : Inggris Airtours 28M Flight , sebuah 737-200 , terbakar setelah ditolak lepas landas di Bandara Manchester , Inggris , setelah retak di salah satu pembakar dari kiri Pratt & Whitney JT8D - 15 mesin . 56 dari 136 penumpang dan awak tewas , sebagian besar karena menghirup asap beracun . Penelitian menyusul investigasi kecelakaan menyebabkan banyak inovasi dalam keselamatan udara , termasuk desain ulang daerah dapur 737 itu .
2 Januari 1988 : Condor Penerbangan 3782 , sebuah 737-200 , jatuh di dekat Bandara Izmir , karena masalah ILS .
April 28, 1988 : Aloha Airlines Penerbangan 243 , sebuah 737-200 , mengalami kerusakan parah setelah dekompresi meledak pada 24.000 kaki ( 7.300 m) , tetapi mampu mendarat dengan aman di Bandara Kahului di Maui dengan hanya satu kematian . Pramugari CB Lansing , yang tidak dalam pembatasan pada saat dekompresi , itu meledak keluar dari pesawat di atas laut dan tidak pernah ditemukan .
September 15, 1988 : Ethiopian Airlines Penerbangan 604 , sebuah 737-200 , menderita serangan burung beberapa saat lepas landas dari Bahir Dar . Kedua mesin gagal dan pesawat jatuh dan terbakar ketika mencoba untuk kembali ke bandara . Tiga puluh lima dari 98 penumpang tewas sementara semua enam anggota awak selamat . [ 140 ]
September 3, 1989 : a Varig Boeing 737-241 registrasi PP - VMK penerbangan operasi 254 terbang dari São Paulo - Guarulhos ke Belem - Val de Cans dengan berhenti menengah , jatuh di dekat São José do Xingu sementara di leg terakhir dari penerbangan antara Marabá dan Belem karena pilot kesalahan navigasi , yang menyebabkan bahan bakar kelelahan dan perut pendaratan berikutnya ke hutan , 450 mil ( 724 km ) barat daya dari Marabá . Dari 54 penghuni , ada 13 korban jiwa , mereka semua penumpang . Para korban ditemukan dua hari kemudian . [ 141 ] [ 142 ]
3 Maret 1991 : United Airlines Penerbangan 585 , sebuah 737-291 yang membawa 20 penumpang dan lima awak , kehilangan kendali setelah kerusakan kemudi dan jatuh di luar Colorado Springs Municipal Airport , menewaskan semua orang di kapal .
22 Juni 1992 : a VASP kargo Boeing 737 - 2A1C pendaftaran PP - SND perjalanan dari Rio Branco ke Cruzeiro do Sul jatuh di hutan saat prosedur kedatangan ke Cruzeiro do Sul . Awak dua dan satu penumpang meninggal . [ 143 ]
November 13, 1995 : Nigeria Airways Penerbangan 357 , Boeing 737 - 2F9 ( 5N - AUA ) , menderita landasan pacu di Bandara dibanjiri Kaduna , dengan 11 dari 124 penumpang tewas dan semua anggota awak 14 hidup [ 144 ] .
9 Juni 1996 : Eastwind Airlines Penerbangan 517 , sebuah Boeing 737 - 2H5 ( N221US ) , mengalami kerusakan kemudi dan ternyata benar , lalu kiri, lalu 737 itu kembali ke jalur dan mendarat di Bandar Udara Internasional Richmond .
14 Februari 1997 : a Varig Boeing 737-241 registrasi PP - CJO penerbangan operasi 265 , terbang dari Marabá ke Carajás saat prosedur menyentuh -down di Carajás selama badai , memiliki gigi yang tepat utamanya runtuh rearwards menyebabkan pesawat untuk membelok dari kanan landasan. Pesawat menabrak hutan . Salah satu anggota awak tewas . [ 145 ]
31 Agustus 1999 : LAPA Penerbangan 3142 , sebuah 737-200 , jatuh saat mencoba lepas landas dari Bandara Jorge Newbery di Buenos Aires perjalanan ke Córdoba , Argentina . Kecelakaan itu mengakibatkan 65 korban jiwa .
April 19, 2000 : Air Philippines Nomor Penerbangan 541 , sebuah 737-200 jatuh di dekat Bandar Udara Internasional Francisco Bangoy , Davao City, menewaskan 131 orang [ 146 ] [ 147 ] .
September 5, 2005 : Mandala Airlines Penerbangan 091 , sebuah 737-200 , jatuh di lingkungan padat penduduk Medan , Indonesia saat mencoba lepas landas dengan pengaturan tutup salah. 100 dari 117 orang di kapal dan 49 lebih di tanah tewas . [ Rujukan? ]
29 Oktober 2006 : ADC Airlines Penerbangan 53 , sebuah 737-200 jatuh saat badai tak lama setelah lepas landas dari Abuja , Nigeria . Semua kecuali tujuh dari 104 penumpang dan awak pesawat dilaporkan tewas . [ 148 ]
24 Agustus 2008 : Iran Aseman Airlines Penerbangan 6895 , sebuah 737-200 jatuh saat mencoba mendarat darurat pada kembali 10 menit setelah keberangkatan . Pesawat itu terbang dari Bishkek , Kirgistan ke Teheran . Dari 83 penumpang dan tujuh awak , ada 22 orang yang selamat .
1 Maret 2010 : Air Tanzania Penerbangan 100 , Boeing 737-200 5H - MVZ mengalami kerusakan substansial ketika berangkat landasan pacu saat mendarat di Bandara Mwanza dan nosewheel runtuh . Kerusakan juga terjadi pada mesin . [ 149 ]
20 Agustus 2010 : Chanchangi Airlines Penerbangan 334 , yang dioperasikan oleh Boeing 737-200 5N - BIF melanda antena localizer dan mendarat pendek dari landasan pacu di Bandara Kaduna . Beberapa penumpang luka ringan dan pesawat rusak secara substansial . Chanchangi Airlines lagi menghentikan operasi setelah kecelakaan itu . [ 150 ]
20 Agustus 2011 : Pertama Air Penerbangan 6560 , sebuah Boeing 737-200 , jatuh di dekat Resolute Bay , Nunavut , Kanada . Dari 15 orang di dalamnya , ada tiga orang yang selamat . [ 151 ]
April 20, 2012 : Bhoja Air Penerbangan 213 , sebuah 737-200 , jatuh di Rawalpindi , Pakistan . Semua 127 penumpang dan awak kapal tewas . [ 152 ]

so it's your choice now!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar